Bagaimana Pembuat Subtitle Bisa Mendapatkan Penghasilan? - Stasiun Baca

Bagaimana Pembuat Subtitle Bisa Mendapatkan Penghasilan?

Bagaimana Pembuat Subtitle Bisa Mendapatkan Penghasilan?

Stasiunbaca.com, Bagaimana Pembuat Subtitle Bisa Mendapatkan Penghasilan? – Siapa yang tak kenal dengan Lebah Ganteng dan Pein Akatsuki? Kedua nama tersebut adalah nama-nama yang paling populer di dunia perfilman tanah air. Namun bukan sebagai sutradara, ataupun produser. Melainkan mereka adalah sosok pembuat subtitle film yang biasa kita unduh di Internet. Mereka berdua adalah sosok yang paling berpengaruh dalam perkembangan Forum Indonesia Data & File Library (IDFL). Kita pasti sering melihat nama IDFL di subtitle-subtitle buatan mereka, bukan? Entah sudah berapa banyak film yang telah mereka buatkan subtitle, yang pasti kedua nama tersebut adalah nama-nama yang paling sering terpampang di setiap awal atau akhir suatu film yang kita download di Internet.

Di Indonesia, mungkin masih belum banyak yang bergelut dan tertarik dengan pekerjaan ini, namun seiring berjalannya waktu, tak sedikit pembuat subtitle amatir yang mulai bermunculan. Ada yang melakukannya karena hobi, ada pula yang melakukannya karena ingin mendapatkan penghasilan. Namun pernahkan anda bertanya tanya, darimanakah para pembuat subtitle tersebut mendapatkan penghasilan? Simak ulasannya berikut ini!

Upload di Web, Lalu Monetize

Bagaimana Pembuat Subtitle Bisa Mendapatkan Penghasilan?

Seperti yang kita tau, Lebah Ganteng dan Pein Akatsuki memiliki situs web tersendiri. Situs resmi Lebah Ganteng yaitu lebahku.com sedangkan Pein Akatsuki yaitu sebuah-dongeng.com. Hampir semua pembuat subtitle memiliki situs resmi mereka sendiri, sebagai tempat untuk mengunggah karya yang telah mereka buat. Mereka mem-publish karya mereka dan membolehkan siapapun untuk mengunduhnya secara gratis. Namun, setelah situs mereka cukup terkenal dan memiliki banyak pengunjung, mereka akan mulai memasang iklan-iklan seperti AdSense, Infolink, shortlink dan lain sebagainya. Mereka juga biasanya akan menyediakan Ad Space atau tempat iklan seperti banner di situs mereka kepada siapa saja yang ingin memasang iklan. Biasanya iklan-iklan di banner tersebut berupa web poker, web toko online, dan sejenisnya.

Jika situs mereka sudah cukup terkenal dan memiliki visitor tetap setiap harinya, pastinya income yang akan mereka dapatkan dari AdSense akan semakin tinggi pula. Karena cara kerjanya yaitu semakin banyak pengunjung, semakin besar pendapatan. Hal ini juga berlaku pada situs manapun. Namun, lain halnya dengan advertiser yang menyewa banner untuk iklan, para pemiliki situs tersebut lah yang akan menentukan sendiri berapa tarif untuk memasang banner di situs mereka.

Jeda Dialog? Bisa Buat Iklan

Bagaimana Pembuat Subtitle Bisa Mendapatkan Penghasilan?

Tak jarang kita melihat iklan warna warni di sela sela jeda dialog bukan? Sekarang, para pembuat subtitle sudah mulai banyak yang memanfaatkan jeda dialog untuk menyisipkan iklan-iklan. Mulai dari produk jasa, situs streaming, bahkan sampai situs judi pun tak terlewatkan. Sang pembuat subtitle bisa bebas menentukan tarif sesuai keinginan mereka untuk memasang iklan di subtitle buatannya. 

Apalagi kalau si pembuat subtitle sudah cukup terkenal dan karyanya sudah digunakan banyak orang, pastinya banyak advertiser yang ingin memasang iklan di subtitle buatannya. Semakin terkenal pembuat subtitle tersebut, semakin besar kesempatan para advertiser akan memasang produknya di subtitle buatan mereka. Pasalnya, subtitle yang mereka buat akan dilihat oleh ribuan pecinta film di Indonesia. Ini tentu saja menjadi tempat pengiklanan yang cukup strategis.

Terima Request Dari Klien, Kenapa Tidak?

Bagaimana Pembuat Subtitle Bisa Mendapatkan Penghasilan?

Para penulis subtitle juga biasanya menerima request dari siapapun yang meminta untuk dibuatkan subtitle. Mulai dari film lawas, tv series, bahkan sampai video tutorial. Mereka biasanya datang dari pemilik situs penyedia film bajakan, ataupun dari perorangan. Para pembuat subtitle bisa memasang tarif sesuai keinginan mereka, dan mereka juga bisa bebas memilih untuk menerima request tersebut atau tidak. 

Tentu ini bisa menjadi salah satu sumber pendapatan yang menjanjikan, mengingat banyaknya situs penyedia film bajakan saat ini. Apalagi jika pembuat subtitle tersebut sudah sangat terkenal, pasti banyak orang yang mulai tertarik untuk menggunakan jasanya. Coba bayangkan, jika satu subtitle dihargai Rp.100.000, maka mereka bisa mendapatkan Rp.1.000.000 hanya dengan membuat sepuluh subtitle film. Lumayan menjanjikan bukan?

Jadi Pembuat Subtitle Professional, Dibayar Per Menit

Bagaimana Pembuat Subtitle Bisa Mendapatkan Penghasilan?

Mungkin kita sering bertanya tanya, siapakah pembuat subtitle film yang diputar di bioskop? Pein Akatsuki atau Lebah Ganteng? Jawabannya adalah, bukan mereka berdua. Film-film yang diputar di bioskop, tentu memiliki rumah produksi sendiri, dan biasanya rumah produksi tersebuat akan membutuhkan penerjemah bahasa untuk film buatan mereka. Mereka biasanya akan merekrut freelancer yang professional dalam bidang penerjemahan. Merekalah yang diberi tugas untuk membuat subtitle film yang akan diputar di bioskop.

Pendapatannya pun tak bisa dianggap remeh, mungkin bisa dibilang fantastis dan sangat menjanjikan. Berdasarkan pengalaman bigbanktheories.com, pembuat subtitle professional bisa mendapatkan $1 USD per menitnya. Bayangkan jika film tersebut berdurasi 3 jam, maka pembuat subtitle tersebut bisa mendapatkan $180 USD untuk satu film tersebut, atau jika dirupiahkan dengan kurs dollar Rp. 14.000, maka mereka akan mendapatkan penghasilan sekitar Rp.2.520.000. Sangat menjanjikan bukan? Belum lagi ditambah dengan dapat menonton film tersebut lebih dulu sebelum dirilis di pasaran.

***

Itulah beberapa sumber pendapatan dari seorang pembuat subtitle. Bagaimana pun juga, para pembuat subtitle tersebut bisa dianggap sebagai pahlawan untuk kita, para pencinta film. Karena dengan jasanya, kita bisa memahami jalan cerita suatu film dan dialog dialog yang ada di dalamnya. Mari hargai karya pembuat subtitle tersebut dengan tidak membajak subtitle buatan mereka.

Semoga Bermanfaat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana Pembuat Subtitle Bisa Mendapatkan Penghasilan?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel