7 Bahasa Pemrograman Terpopuler yang Bisa Kamu Pelajari - Stasiun Baca

7 Bahasa Pemrograman Terpopuler yang Bisa Kamu Pelajari

Bahasa pemrogramman populer

Stasiunbaca.comBahasa Pemrograman Terpopuler yang Bisa Kamu Pelajari - Jika kamu adalah seorang programmer, kamu pasti sudah tau bahwa terdapat banyak sekali bahasa pemrograman saat ini. Perkembangan teknologi seperti memunculkan berbagai jenis bahasa pemrograman baru. Dan setiap bahasa memiliki karakter, keunikan dan kelebihannya masing-masing. Dengan banyaknya bahasa pemrograman yang ada, mungkin kamu sering bertanya, "Bahasa apa yang harus saya pelajari lebih dulu?"

Nah disini saya akan membahas beberapa bahasa pemrograman terpopuler yang bisa kamu pelajari. Tetapi sebelumnya, saya disini tidak mengatakan bahwa bahasa pemrograman yang satu lebih baik daripada yang lainnya. Karena setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihannya masing-masing. Dan saya juga sangat menyarankan jika kalian mempunyai keinginan untuk menjadi full-stack developer, sebaiknya menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman. Baca juga : Full-Stack Developer? Apa itu?

Sekarang mari kita bahas bahasa pemrograman apa saja yang populer saat ini.

1. Python

Siapa yang tak tau python? Python telah menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling populer dan berkembang sangat pesat saat ini. Python adalah bahasa pemrograman umum yang digunakan untuk pengembangan web, desktop, machine learning, dan lain sebagainya. Python memiliki struktur penulisan yang cukup simple dan mudah dibaca dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Itulah salah satu hal yang membuat python sangat populer saat ini. Berikut peringkat python berdasarkan laman PPLP:

Peringkat Python berdasarkan PPLP

2. JavaScript

JavaScript menjadi bahasa pemrograman yang paling populer menurut Stack Overflow. Bisa dibilang hampir atau bahkan lebih dari setengah dari semua developer menggunakan JavaScript. Bahkan JavaScript sering disebut sebagai 'Bapaknya Bahasa Pemrograman' karena popularitasnya dikalangan developer. JavaScript juga telah berkembang ke berbagai aspek, seperti Game Development, IOT, dan sebagainya. Berikut adalah peringkat JavaScript berdasarkan survey Stack Overflow di 2018:



3. Rust

Mungkin banyak dari kalian yang belum pernah mendengar Rust sebelumnya. Rust adalah bahasa pemrograman sistem yang dikembangkan oleh Mozilla Fondation yang berdasarkan bahasa pemrograman C. Rust pertama kali dirilis pada tahun 2014 sebagai alternatif bahasa pemrograman C++ oleh Mozilla. Bahasa pemrograman ini dikembangkan untuk meningkatkan kinerja dan keamanan memori. Rust tidak hanya digunakan oleh Mozilla sendiri, ada beberapa perusahaan yang mengembangkan website mereka menggunakan Rust, seperti Dropbox dan Academia. Uniknya, Rust menjadi bahasa yang paling dicintai berdasarkan survey oleh Stack Overflow.

4. Go


Go atau yang biasa disebut Golang merupakan bahasa 'minimalis' seperti halnya Python. Go ini adalah bahasa yang dibuat oleh Google. Sejak dikembangkan oleh Google, yang notabene penggemar Python, mereka menrancang sebuah bahasa pemrograman yang mudah ditulis seperti Python, tetapi yang lebih efisien seperti C++. Go merupakan sebuah bahasa open source yang pertama kali diumumkan pada tahun 2009. Dan sampai saat ini, sudah banyak perusahaan yang menggunakan bahasa ini, seperti Dropbox, CloudFire, Docker, dan Google sendiri.

5. Swift


Jika kamu ingin terjun ke dunia IOS mobile development, mungkin kamu harus menguasai bahasa yang satu ini. Swift bisa dikatakan relatif baru, karena baru dirilis pada tahun 2014. Swift adalah bahasa pemrograman buatan Apple yang ditujukan untuk pengembangan aplikasi iOS dan macOS. Bahasa ini termasuk dalam Objek Fungsional (Functional - Object) yang dirancang agar dapat bekerja dengan Objective-C. Swift merupakan salah satu bahasa pemrograman yang popularitasnya tumbuh dengan sangat pesat, tentunya karena dipengaruhi oleh popularitas perangkat iOS.

6. Kotlin


Kotlin menjadi bahasa yang paling dicintai urutan kedua berdasarkan survey oleh Stack Overflow. Kotlin merupakan bahasa pemrograman baru yang diciptakan oleh JetBrains. Sama halnya dengan Java, kotlin juga bisa digunakan pada server-side developmentandroid apps, dan banyak lagi. Pada tahun 2017, Google secara resmi mengumumkan bahwa, Kotlin merupakan bahasa resmi untuk pengembangan aplikasi android. Salah satu kelebihan dari kotlin dalam pengembangan aplikasi android adalah efisiensi atau penghematan dalam penulisan kode. Inilah yang menjadi daya tarik Kotlin sehingga para android developer mulai mingrasi ke Kotlin.

7. Java


Tidak bisa dibantah bahwa Java mungkin adalah bahasa pemrograman yang paling sering kita dengar. Java diciptakan oleh James Gosling pada tahun 1991. Mungkin banyak yang berfikiran bahwa Java akan tergantikan oleh Kotlin di masa depan, tetapi bisa kita lihat eksistensi Java saat ini masih sangat tinggi, sangat sulit untuk tergantikan. Buktinya Java masih mampu bertengger di posisi enam, pada survey yang dilakukan oleh Stack Overflow tentang bahasa pemrograman yang paling diinginkan.

Itu dia tadi pembahasan tentang Bahasa Pemrograman Terpopuler yang Bisa Kamu Pelajari, semoga bisa bermanfaat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Bahasa Pemrograman Terpopuler yang Bisa Kamu Pelajari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel